SOSIALISASI PEMBUATAN PUPUK ORGANIK GUNA PEMBERDAYAAN DESA NONGAN BERSERI

06 Agustus 2022
Administrator
Dibaca 37 Kali
SOSIALISASI  PEMBUATAN PUPUK ORGANIK GUNA PEMBERDAYAAN DESA NONGAN BERSERI

Dalam rangka pemanfaatan sampah organik guna pemberdayaan masyarakat Desa Nongan menuju Desa Nongan Berseri (Bersih, Sehat dan Asri), Bidang Peningkatan Produksi Mahasiswa KKN PPM Periode XXV Universitas Udayana yang mengabdi di Desa Nongan melaksanakan sosialisasi kepada perwakilan kelompok Ibu-Ibu PKK dari seluruh banjar Desa Nongan pada hari Jumat, 5 Agustus 2022. Sosialisasi terkait pemanfaatan sampah menjadi pupuk organik sekaligus demonstrasi cara pembuatannya. Sosialisasi yang dilaksanakan di Banjar Segah, tepatnya di TPS Desa Nongan diterima dengan baik oleh seluruh peserta.

Pembuatan pupuk organik ini diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian baik kualitas maupun kuantitas, mengurangi pencemaran lingkungan, dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan di Desa Nongan. Bahan pembuatan pupuk organik terdiri atas sampah organik rumah tangga, feses sapi, urine sapi, larutan gula merah bali, dan kapur dolomit. Pupuk organik atau biasa dikenal dengan istilah pupuk kompos ini memiliki kandungan makro dan mikroorganisme yang kompleks, sehingga kandungan ini nantinya yang akan memperbaiki sifat fisik dan biologis tanah.

Berikut adalah dokumentasi kegiatan sosialisasi pembuatan pupuk organik guna pemberdayaan Desa Nongan Berseri yang dilaksanakan di Banjar Segah, tepatnya di TPS Desa Nongan: